preloader

SIPUMA ( Sistem Informasi Perpustakaan Madani )

SIPUMA atau Sistem Informasi Perpustakaan Madani adalah penerapan transformasi sistem informasi digital guna menyederhanakan administrasi peminjaman dan pengembalian buku di Perpustakaan Madani. Dengan sistem ini pengguna dapat lebih mudah mencari dan mengakses informasi mengenai status buku ( ada atau tidak ada ) dari perpustakaan.

Peraturan di Perpustakaan Madani

  • Setiap pengunjung perpustakaan diperkenankan untuk menggunakan semua fasilitas  yang telah disediakan seperti buku bacaan, koran, dan bahan pustaka serta fasilitas  lainnya.

  • Diperbolehkan menggunakan ruangan perpustakaan untuk kegiatan pembelajaran atas  seizin pustakawa

  • Setiap individu diperbolehkan meminjam buku dalam jangka waktu 1 minggu (minggu  peminjaman pertama) dan 1 minggu (minggu peminjaman selanjutnya atau setelah  diperpanjang 

  • Perpanjangan pinjaman maksimal 2 kali. Pengunjung yang telah melakukan  perpanjangan sampai 2 kali tidak diperbolehkan untuk meminjam buku yang sama  selama 7 hari setelah pengembalian.

  • Pengunjung perpustakaan yang hendak mengembalikan buku atau memperpanjang  jangka waktu pinjaman wajib menulis di buku peminjaman dan di kertas tempel yang  berada di halaman belakang buku (jika ada).

SIPUMA'S COLLECTION

REKOMENDASI BUKU & FILM

Pulang Pergi - Tere Liye

Novel Pulang-Pergi mengisahkan seorang tokoh utama bernama bujang, dia adalah seorang mantan tukang pukul (pembunuh bayaran) terkenal dari keluarga salah satu shadow economy. Awalnya ketika Bujang berziarah di makam kedua orangtuanya, tiba-tiba ia diserang oleh Natascha yaitu orang kepercayaan Otets. Otets adalah ketua atau kepemimpinan tertinggi dari Brotherhood Bratva. Tujuan Natascha hanya sekedar menyampaikan pesan kepada bujang agar jangan melewatkan acara pertunangan Bujang dengan putri Otets yang bernama Maria. Tidak hanya itu, jika si Bujang tidak datang di acara tunangannya dengan si Maria maka akan ada perang besar. Akhirnya bujang mendatangi Otets yang ditemani oleh Salonga (sahabat bujang dan juga teman dekat Otets) Junior (orang kepercayaan Salonga).

Sang Pemimpi - Andrea Hirata

kehidupan tiga remaja SMA yang bernama Ikal, Arai, dan Jimbron. Ketiga remaja ini tinggal di Belitung dan bersekolah di SMA Negeri pertama Manggar. Untuk membiayai sekolahnya, mereka bertiga bekerja paruh waktu sebagai kuli di pasar ikan. Ikal adalah tokoh utama dalam novel ini. Ia digambarkan sebagai seorang remaja dari keluarga miskin yang sangat mengidolakan H.Rhoma Irama. Ia juga senang mengutip kalimat dari lirik lagu penyanyi dangdut tersebut yaitu “Darah muda adalah darahnya para remaja” Tokoh lain dalam novel ini adalah Arai yang digambarkan sebagai sosok yang paling cerdas di antara mereka bertiga. Tidak jauh berbeda dengan Ikal, Ia juga gemar mengutip kata-kata inspiratif yang ia temukan. Salah satunya adalah “Tak semua yang bisa dihitung bisa diperhitungkan dan tak semua yang diperhitungakn bisa dihitung.” Di balik sosoknya yang ceria, Ia memiliki kisah hidup yang menyedihkan. Ternaya, Arai yang merupakan saudara jauh dari Ikal telah menjadi yatim piatu sejak kelas 3 SD. Walau demikian, ia adalah sosok yang tabah. Bahkan, Arai lah yang menjadi sosok penghibur di kala Ikal dan ayahnya tengah bersedih.

Otto Anderson (Tom Hanks) adalah pria berusia 63 tahun yang tinggal di pinggiran kota Pittsburgh, Pennsylvania. Ia menghabiskan masa tua seorang diri setelah pensiun dari perusahaan baja dan istrinya meninggal dunia. Kesan pertama orang-orang jika melihat Otto kemungkinan besar adalah sosok pria pemarah yang suka menggerutu. Ia memiliki sifat yang kaku, keras hati, dan mudah marah karena bersumbu pendek. Ia juga begitu disiplin dalam beraktivitas sehari-hari, bahkan memiliki rutinitas yang baku serta tidak bisa diganggu atau diubah sesuka hati. Hampir semua orang yang bersinggungan dengan Otto di masa tua menganggap dirinya sebagai orang menyebalkan, sementara Otto melihat mereka sebagai orang-orang bodoh karena tidak sesuai dengan prinsip hidupnya. Namun, sederet perangai menyebalkan dan sikap pemarah itu bukan muncul tanpa sebab. Otto memiliki segudang pengalaman traumatis yang membuat hidupnya penuh dengan rasa kalut dan bersalah.

RAK BUKU DIGITAL

STATUS BUKU

X